Usaha Peternakan Bebek Pedaging yang menjanjikan

BATURSARI 14//10/2020

batursari-batangan.desa.id . Usaha peternakan bebek pedaging/pejantan milik bapak sukaryadi beralamat di Desa Batursari rt 02 Rw 01 beromset  juta per bulan .

Ternak bebek pedaging atau bebek potong semakin banyak digeluti masyarakat Indonesia karena berpotensi memberikan keuntungan yang menggiurkan, karena banyaknya permintaan daging bebek untuk dikonsumsi. Peluang usaha ini masih terbuka lebar karena suplai daging bebek yang tersedia masih belum bisa memenuhi tingginya permintaan tersebut. Cara ternak itik atau bebek pedaging tergolong mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun, meski tentunya diperlukan ketelatenan dan perawatan intensif agar bebek bisa dipanen dalam kondisi sehat dan menghasilkan daging yang berkualitas.

Daging bebek sepertinya semakin digemari masyarakat seiring dengan banyak bermunculannya usaha kuliner yang memanfaatkan daging ini sebagai bahan baku utamanya. Tekstur daging dan cita rasanya unik, berbeda dengan daging ayam. Harga masakan dengan daging bebek pun cenderung lebih mahal dibandingkan yang berbahan baku daging ayam, karena dibutuhkan teknik mengolah dan memasak yang lebih lama dan rumit.

Dengan semakin meningkatnya permintaan daging bebek untuk disuplai ke usaha-usaha kuliner, terutama warung makan dan restoran, maka peluang usaha ternak bebek pedaging terbuka lebar.

Seperti usaha peternakan yang di jalani oleh bapak sukaryadi bisa di bilang di mulai dari kecil,kandang juga kecil dan bibit bebeknya juga sedikit ,pertama  dengan percobaan hanya mengisi bibit bebek 3000 ekor setelah lama berkembang sekitar 2 tahunan usaha bapak sukaryadi menjadi lebih besar,semua itu dengan ketekunan dan kesabaran yang di lakukannya hingga sekarang.

sekarang kandangnya  sudah di perlebar dan mengisi anak bebeknya juga lumayan banyak hampir setiap mengisi sekitar 20.000 ekor anak bebek.

Bapak Sukaryadi mengatakan saat di temui” memang tidaklah mudah dalam menjalani peternakan, ini karena beternak harus menjalani proses pembelajaran terlebih dulu diantaranya memilih kualitas bibit bebek yang akan kita ternak,pemberian vaksin dan vitamin dan juga pemberian makanan yang baik,”Katanya,”

Bibit merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam beternak bebek. Oleh karena itu, pastikan  membeli bibit yang sehat berkualitas dari penjual yang terpercaya. Ciri-ciri bebek yang sehat antara lain : bergerak aktif dan lincah, kakinya kokoh dan tidak pincang, sudah berusia 4 hari, bulunya bersih dan kering, beratnya minimal 40 gram, nafsu makannya bagus, tidak cacat, tidak berpenyakit, tubuhnya tegap dan matanya jernih”Imbuhnya,”

Perawatan ternak bebek potong haruslah diperhatikan sedini mungkin agar mereka tidak terjangkit oleh berbagai penyakit. Pada umumnya, tantangan terbesar dalam perawatan bebek potong adalah penyakit dan hama.

Beberapa penyakit yang sering menyerang bebek pedaging antara lain berak kapur, kelumpuhan, dan tidak nafsu makan. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan perawatan kandang serta kebersihannya senantiasa terjaga. Selain itu, berilah vaksin berdasarkan dosis yang sudah ditentukan untuk bebek pedaging tersebut” Jelasnya.”

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan